5 MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN SISTEM DIGITAL NASIONAL

5.1. Infrastruktur Digital Hebat dan SDM Digital Andal

5.1.1. Zero Blank Spot
Semua bisa terhubung internet untuk memastikan akses digital bagi seluruh rakyat di setiap pelosok tanah air.

5.1.2. Internet Kuat, Cepat, Murah
Koneksi internet kuat, cepat, dan murah akan mendorong aktivitas digital berkembang, produktif, dan memiliki daya saing di tingkat internasional.

5.1.3. Program CERAH Digital – Cerdas dan Ahli Digital
Program pendidikan dan beasiswa yang mendukung peningkatan SDM digital yang berdaya saing dan peningkatan literasi digital bagi aparatur pemerintah dan seluruh rakyat.

5.2. Ekosistem Digital Berdaya Saing

5.2.1. Data Aman
Memastikan negara hadir di ruang digital melalui penerapan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi secara menyeluruh, termasuk pembentukan lembaga pengawasan independen.

5.2.2. Dukung Rintisan Usaha Digital (Start Up)
Mewujudkan Indonesia yang subur digital melalui dukungan nyata terhadap rintisan usaha digital, melalui kemudahan pembiayaan, insentif pajak, dan inkubasi bisnis.

5.2.3. Regulasi Platform Digital yang Berkeadilan
Meregulasi platform digital, baik nasional maupun multinasional, untuk kepentingan nasional yang dilandasi kepribadian bangsa.

5.2.4. Kemandirian Industri Digital
Meningkatkan porsi industri digital domestik dalam proses digitalisasi, termasuk penciptaan aplikasi nasional. Meningkatkan peran pelaku usaha dan produk domestik dalam aktivitas ekonomi digital termasuk e-commerce untuk mendukung perkembangan UMKM lokal.

5.2.5. Digital Berdaulat
Memastikan kedaulatan digital dengan mengedepankan perlindungan setiap warga negara di ruang digital, baik melalui penjaminan hak-hak digital serta proteksi terhadap ancaman seperti judi online dan penyebaran misinformasi.