2 MEMPERCEPAT PENGUASAAN SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PERCEPATAN RISET DAN INOVASI (R & I) BERDIKARI

2.1. Riset dan Inovasi Sebagai Fondasi

2.1.1. Lipat Gandakan Anggaran Riset dan Inovasi
Meningkatkan investasi riset dan inovasi industri unggulan melalui peningkatan anggaran riset dan inovasi (Gross Domestic Expenditure on Research and Development) mencapai 1% dari PDB pada tahun 2029 dengan mendorong sinergi pendanaan pemerintah dan swasta melalui efisiensi pagu anggaran dan penyederhanaan regulasi pendanaan filantropi maupun insentif pajak atau subsidi bagi swasta.

2.1.2. Membangun Ekosistem Riset dan Inovasi
Optimalisasi pemanfaatan hasil riset dan inovasi dalam negeri untuk penyusunan kebijakan dan industrialisasi.

2.2. Lompatan Menjemput Kemajuan

2.2.1. GP Project
Karantina produktif dengan mengumpulkan ilmuwan dan teknisi untuk menghasilkan dan menguasai teknologi yang bermanfaat bagi orang banyak. Mulai dari teknologi sederhana yang murah hingga teknologi tinggi yang mampu menjadi game changer bagi Indonesia ke depan.

2.2.2. Beasiswa yang Masif dan Terarah
Beasiswa akan kami tingkatkan dan perluas bagi anak-anak muda Indonesia yang siap menjawab tantangan Indonesia ke depan sejalan dengan strategi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.